Kehebatan 'Beckham' tidak nampak ketika melawan Indonesia

,
Ketika mendengar nama David Beckham, semua orang langsung bisa membayangkan betapa hebatnya pemain sepak bola satu ini, terutama pada tendangan bebasnya.

Namun tak disangka-sangka Sang Bintang sepak bola ini akan datang ke Indonesia bersama club sepak bolanya sekarang yaitu LA GALAXY.

Pada tanggal 30 November 2011 (malam ini) Bechkam akan melawan Tim Nasional Indonesia di Gelora Bung Karno.

Adakah yang tahu hasil dari pertandingan ini?

LA Galaxy hanya mampu menaklukkan Tim Nasional Indonesia dengan skor 1-0 melalui Tendangan striker LA Galaxy, Keane.

Lantas kemana Sang Bintang 'Beckham'??

Bechkan yang sangat dinanti-nanti oleh para fansnya yang ada di Indonesia sangat nampak bahwa dia bermain tidak serius. Beckham tidak pernah mengeluarkan tendangan mautnya, bahkan Beckham hanya bermain di lini belakang dari LA Galaxy, sangat jarang Beckham bermain di lini Depan.

Para fans Beckham yang menonton pertandingan tersebut sangat kecewa, setiap kali Beckham memainkan bola, semua penonton langsung bersorak untuk menyemangati bintang mereka, namun sayangnya Bechkam tidak mampu memberikan apa yang diharapkan oleh para fansnya.
Kekecewaan ini dirasakan oleh seluruh para fans Beckham, terkhususnya yang berada di tanah air.

Tapi apa yang menyebabkan Beckham tidak mau bermain serius ketika menghadapi Tim Nasional Indonesia? Apakah dia menganggap enteng pemain-pemain TIMNAS? Ataukah memang kondisinya pada saat itu kurang baik???
Read More..
Read more

Jenis-jenis Hantu Indonesia

,
nihh,, saya punya sedikit penjelasan tentang jenis-jenis hantu yang ada di Indonesia yang kurang terekspos, kalo kayak pocong, tuyul, kuntilanak dan sundel bolong,kan udah sering tuh,, nahh,, sekarang yang masih jarang kita dengar (tapi nggak pake gambar ya,, takut ngeliatnya, hehe... Tapi kalo mau liat gambarnya, bisa search di google aja)

1. Palasik
Ada yang tahu  sama palasik nggak?
Orang Minangkabau pasti tahu nih! Menurut legenda Minangkabau palasik adalah sejenis makhluk gaib. Sebenarnya bukan hantu sih, tapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi. Jadi, pada zaman dulu, apabila di suatu kampung ada seorang mendadak kaya raya, maka akan dikatakan orang itu kayanya dikarenakan palasik. Palasik adalah makhluk gaib yang memakan anak bayi, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang sudah meniggal tergantung dari jenis palasik. Palasik ada berbagai jenis, yaitu palasik yang memakan anak dalam kandungan, palasik yang memakan anak yang sudah rapuh, sehingga si anak akan sakit-sakitan, dan palasik yang memakan anak yang sudah didalam kubur.
Ilmu palasik dipercaya akan turun menurun, jadi harus waspada ya,, terutama masyarakat minang kabau tuh.. hehe :p

2. Kuyang
kalo tadi dari Minangkabau, sekarang beralih ke Kalimantan nih,, Kuyang sangat dikenal di Kalimantan. Kuyang ini berwujud kepala manusia dengan isi tubuh menempel tanpa kulit dan anggota badan akan terbang mencari darah bayi.
Sebenarnya kuyang adalah manusia, tepatnya wanita yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.
Pada pagi hari, Kuyang akan menjalankan kehidupan seperti layaknya manusia biasa, tapi pada malam hari, dia akan terbang mencari darah bayi sebagai makanannya agar dia tetap abadi.

3. Rangda
Sekarang kita lanjut ke Bali.
Menurut mitologi Bali, Rangda adalah ratu dari para leak.
Makhluk ini sangat menakutkan, dia sering menculik anak kecil dan memakannya.
Menurut cerita, Rangda juga memimpin para nenek sihir untuk melawan Barong (yang merupakan simbol kekuatan baik).
Kalo menurut cerita (nggak tahu benar atau nggak), Rangda merupakan Ratu Manendradatta yang hidup di pulau Jawa pada abad ke-11. Dia diasingkan oleh raja Dharmodayana karena dituduh melakukan perbuatan sihir terhadap permaisuri kedua raja. Dan kemudia Rangda membalas dendam dan membunuh setengah penduduk kerajaan.

4. Wewe Gombel
Wewe gombel adalah sebutan istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat. Wewe gombel suka menculik anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Wewe Gombel biasanya menculik anak yang tidak diperhatikan oleh orang tuanya. Kemudian dia akan menakut-nakuti orang tua dari si anak sampai si orang tua sadar bahwa anaknya telah diculik, dan jika orang tua dari si anak sudah tahu bahwa anaknya telah diculik oleh wewe gombel, maka wewe gombel akan mengembalikan anak itu kepada orang tuanya.

5. Genderuwo
Genderuwo adalah sejenis bangsa jin. Dia berwujud seperti manusia, tapi bertubuh besar, berwarna merah kehitam-hitaman, dan ditubuhnya ditumbuhi oleh bulu-bulu yang sangat lebat. Genderuwo sangat dikenal di daerah Jawa. Genderuwo paling suka tinggal di batu besar, gua, pohon yang besar teduh, sudut-sudut yang lembab dan gelap.
Menurut legenda, genderuwo sangat suka mengganggu manusia, dan terkadang menculik anak-anak yang bermain saat azan maghrib (tuhhh kan,, kalo udah azan maghrib jangan suka keluyuran). Genderuwo hanya menakut-nakuti orang dengan menampakkan wajahnya, memberi tahu bahwa dia ada di sekitar kita.
Read More..
Read more

10 Film Korea Terlaris

,
Dipagi yang cerah ini,, saya ada sedikit informasi untuk  para pecinta film korea..
film korea memang banyak peminatnya,, karena film korea memang berbeda dengan film-film lainnya seperti bollywod ataupun hollywod atau bahkan film indonesia. Film Korea biasanya digemari oleh para-para gadis, karena aktor-aktor korea memang keren abiss.. tapi jangan salah, aktris-aktris korea juga cantik-cantik lho, cuma biasanya para cowok-cowok banyak yang malu kalo jadi pecinta film korea, makanya mereka biasanya nonton film-film korea secara diam-diam, seharusnya sih nggak usah malu. Tapi tak apalah,, pemikiran setiap orang pasti berbeda..
upppsss,,, terlalu banyak biacara, saya jadi lupa informasinya,,
nih informasinya,
saya punya list 10 Film Korea Terlaris,,
Pada pengen baca kan??

1. The Host (dalam bahasa korea Gwoemul)

The  Host ini adalah film Korea yang paling laris sepanjang masa lho, bahkan sempat memenangkan kategori Film Asia terbaik di Asian Film Awards  dan di Blue Dragon Film Awards. Film ini dirilis pada tahun 2006, yang disutradarai oleh Bong Joon-ho. Beberapa pemain di film ini yaitu Song Kang-ho, Byeon Hee-bong, Park Hae-il, Bae Doona dan Ko Ah-seong.
Secara umum sih film ini lebih ke misteri, tetapi juga mengandung unsur komedi dan drama..
Gimana?? seru kan??
Tenang, saya masih punya 9 lagi...

2. Madeo (atau Mother)

 Madeo ini juga merupakan film yang disutradarai oleh Bong Joon-ho lho (kayaknya keren juga tuh orang). Film ini dirilis pada tahun 2009. Ceritanya waawwww,, keren abiss,, ini mungkin film korea terkeren bagi saya,, yaitu ada seorang ibu yang memiliki anak yang idiot. Konflik dimulai ketika anak tersebut dituduh membunh dan kemudian dia dipenjara. Karena ibunya begitu sayang padanya, Sang Ibu berusaha mengungkap kejadian yang sebenarnya, dan hingga akhirnya harus memilih suatu keputusan yang sangat rumit.
Kira-kira apa ya keputusan yang rumit tersebut? Nyookkk nonton!!


3. Running Turtle (Geobuki Dalinda)

nahh,, ini baru film untuk laki-laki, Film ini disutradarai oleh Lee Yeon-woo dan starred Kim Yoon-seok, yang dirilis pada 11 Juni 2009. Secara umum sih ceritanya tentang seorang polisi pemalas yang harus kehilangan pekerjaannya dan semua uangnya ketika ada seorang buronan yang datang ke kotanya. akhirnya dia dan diabantu oleh teman-temannya saling bahu-membahu untuk menangkap buronan yang sangat hebat dalam segala ilmu bela diri.
Film ini benar-benar luar biasa, benar-benar ciri khas film korea. Penasaran?? Pastinya donk,, makanya nonton!


4. Private Eye

Film ini adalah film terlaris ke-4 di korea. Film ini menceritakan kisah Negara Korea di Era Pendudukan Jepang. Cerita bermula ketika seorang detektif swasta mengurus kasus perselingkuhan sebuah rumah tangga yang terlibat dalam kasus pembunuhan. Dengan peralatan  yang sangat canggih pada zaman itu, dia harus menemukan si pembunuh dan membongkar suatu konspirasi

5. Take Off (Gukga Daepyo)

Film yang kelima adalah  Gukga Daepyo, film ini dirilis pada tahun 2009. Film ini sangat menarik untuk kalangan remaja. Ceritanya ada seorang pelatih yang menghimpun beberapa atlet tak berbakat untuk mengikuti olimpiade Sky. Disinilah terjadi banyak kejadian-kejadian lucu dan drama yang mereka alami bersama-sama. Film ini sangat harus ditonton oleh kalangan remaja, karena selain kocak abiss juga ada sisi dramanya yang bisa bikin kita salah tingkah (awwwww)!!



6. Haeundae (Tidal Wave)

Ini adalah Film terlaris ke-6 versi catatan kunang-kunang. Film ini dirilis pada tahun 2009. Film ini menceritakan tentang sebuah kota kecil yang harus menghadapi Tsunami yang sangat besar. Pada awal-awal film ini sangat menyentuh, menampilkan sisi kemanusiaan dan humor setiap warga sebelum mereka harus menghadapi tsunami raksasa yang akan menghantam kota  mereka.


7. Thrist (Bakjwi)

Film ini diangkat dari sebuah novel  terlaris di korea, dan ditonton oleh 2juta lebih penduduk korea.

Di difilm ini diceritakan ada seorang pendeta yang mengajukan diri untuk dijadikan sebagai bahan penelitian sebuah virus di Afrika. Karena dia begitu tekun dan berdoa, dia satu-satunya orang yang sembuh dan dipuja oleh banyak orang. Namun kacaunya, dengan seketika dirinya berubah menjadi haus darah dan memiliki kekuatan vampir yang sangat buas. Tetapi Sang pendeta mencintai seorang gadis,, bagaimana kelanjutan ceritanya?? (harus nonton)!!

8. The Sword With No Name

 Film ini adalah salah satu film romantis terbaik di korea. Tidak hanya romantis, tetapi juga terdapat action yang seru, drama yang lucu, sehingga membuat film ini sangat menarik.

 Film ini  menceritakan ketika Jepang mulai memasuki Korea. Carita cinta dimulai ketika seorang nelayan mencintai Ratu dan bersumpah setia akan cintanya. Mereka mengalami hal-hal yang sangat sulit mereka duga.


9. Voice Of A murderer

Film ini sangat menarik, ini merupakan film yang diambil dari sebuah kisah nyata di Korea pada tahun 1991.
Film ini sempat masuk 10 besar film Korea dengan pembukaan terbesar di bioskop.

Film ini bermula ketika seorang anak menulis surat karena dirinya gemuk dan sering disebut babi, lalu dia ingin mati, yang kemudian ibunya menjawabnya, dengan alasan bahwa ibunya khawatir akan keselamatannya yang terus memburuk.
Ketika si anak sedang olahraga, dia diculik, dan penculik meminta tebusan dan hal-hal yang tak masuk akal.
Namun hanya dengan suara si penelpon, polisi berusaha untuk menangkap si penculik yang sangat lihai ini.

10. Le Grand Chef

Film ini adalam film terlaris ke-10 versi catatan kunang-kunang.
Film ini menceritakan tentang sebuah kompetisi memasak yang sangat seru. Film ini sangat laris, ditonton oleh 2juta lebih penduduk korea.
Read More..
Read more

Kenapa Bahasa Inggris yang menjadi Bahasa Internasional?

,

Ketika mendengar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional, sangat banyak pertanyaan yang timbul dipikiran kita, kenapa harus bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional? kenapa tidak bahasa Indonesia saja?


Saya sudah mengumpulkan beberapa jawaban dari teman yang mungkin bisa sedikit membuat kita paham dan menerimanya, dan saya juga memberikan komentar di setiap jawaban

1. inggris adalah negara yg paling banyak jajahannya diseluruh dunia (memang sih, ini jawaban yang paling masuk akal, dikarenakan Inggris adalah negara yang paling banyak jajahan, sehingga otomatis negara-negara jajahan Inggris akan terpengaruh untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka)

2. karena USA menang perang dunia 2, dan kemudian terjadi perang dingin yang secara de facto dimenangkan oleh AS dan sahabat2nya. dan AS juga merupakan negara terkuat saat ini didunia, sehingga negara-negara lain secara otomastis harus mengikuti bahasa mereka, Bahasa Inggris. (bisa di terima juga sih, dikarenakan AS saat ini adalah negara terkuat di dunia, dan pastinya negara-negara lain akan sangat membutuhkan kerja sama dengan AS, sehingga membutuhkan bahasa yang bisaa dimengerti oleh AS. Kan ngak mungkin kita yang butuh bantuan tapi orang yang harus paham bahasa kita?? hehe)

3. bahasa inggris merupakan bahasa yg memiliki tata bahasa yg lengkap dan rapi jadi mudah utk dipelajari (apa iya?? perasaan lumayan susah deh,, malah banyak orang-orang Inggris yang pernah belajar Bahasa Indonesia ngomong kalo bahasa Indonesia jauh lebih mudah dipelajari struktur bahasa dan penggunaan katanya dibanding dengan bahasa mereka)



4. Karena film yang terlaris di dunia adalah film-film hollywood, sehingga secara tidak langsung bahasanya tertular ke semua negara yang menontonnya (rada ngawur nih jawabannya,, masa cuma karna film kita harus mengerti dan menggunakan bahasa inggris??)

5.  karena negara-negara maju (negara-negara barat) susah bilang 'R' seperti orang indonesia dan kebanyakan kalimat indonesia ada huruf 'R' (ngawur nih jawabannya,, orang-orang negara maju nggak bisa ngomong 'R' itu dikarenakan sejak kecil mereka memang tidak diajarkan, tetapi jika sejak kecil mereka sudah di Indonesia, mereka pasti bisa ngomong 'R' <kecuali cacat> Hhehe)

6. Doakan saja bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa internasional (Hahahaha.... AMINN... Ini sih harapan semua masyarakat Indonesia,,)

Sekarang timbul pertanyaan baru, apakah bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa Internasional????
(Hayooo dijawab pendapat kamu) ::))
Read More..
Read more

Festival Tabot datang lagi

,
Sebenarnya apa itu Festival Tabot? diadakan dimana saja? dan kenapa diadakan?

Festival Tabot adalah sebuah acara tahunan yang hanya diadakan di Bengkulu. Setiap tanggal 1-10 Muharram tahun Hijriah.  Acara ini ditujukan untuk memperingati wafatnya cucu Nabi Muhammad saw yang bernama Imam Husein bin Ali bin Abi Thalib.
Setiap tahunnya acara ini diadakan di Kota Bengkulu, tepatnya di depan Balai Raya Semarak Bengkulu (rumah kediaman Gubernur Bengkulu). Sangat banyak aktivitas yang meramaikan kegiatan festival ini, diantaranya pertunjukan seni, pasar, pameran kriya, serta berbagai aneka lomba seperti lomba delman hias, rebana, tari tabot dan acara seni lainnya.

Seperti apakah sistematika Festival Tabot?
Rangkain ritual tabot dapat dibagi menjadi 9 tahap, yaitu :

1. Upacara pengambilan tanah
Upacara ini berlangsung pada pukul 22.00 wib tanggal 1 Muharram. Tanah yang diambil adalah tanah yang  dipercaya mengandung nilai magis. Pengambilan tanah ini hanya dilakukan di dua tempat, yaitu Keramat Tapak Paderi dan Keramat Anggut.

2. Duduk Penja
Penja adalah benda yang berbentuk telapak tangan manusia. Setiap kelompok keturunan tabot memiliki Penja, yang terbuat dari kuningan ataupun tembaga, dan bahkan ada pula yang terbuat dari perak.
Duduk Senja dilakukan di rumah Ketua Keturunan Tabot pada 5 Muharram, tepatnya sore hari.

3. Menjara
Menjara dalam bahasa Bengkulu artinya mengandun (mendatangi kelompok keluarga yang lain). Menjara dilaksanakan pada tanggal 6-7 Muharram dengan mendatangi kediaman keluarga tabot yang lain untuk beruji dol (lomba membunyikan dol). Menjara ini dilakukan setiap malam 6-7 Muharram tepatnya pukul 20.00-24.00 Wib.

4. Meradai
Acara ini adalah acara siang hari yang diperkhususkan untuk anak-anak usia 10-12 tahun. Anak-anak akan dikumpulkan disuatu tempat, dan kemudian akan di beri suatu tugas oleh pengarahnya untuk mereka laksanakan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 6 Muharram.

5. Arak Penja
Arak Penja sama dengan arak jari-jari. Arak Penja dimulai pada pukul 19.00-21.00 Wib 7 Muharram. Setiap kelompok keluarga tabot akan mengirimkan perwakilan mereka 10-15 orang setiap kelompok, yang akan mengikuti rute yang sudah ditentukan dan berakhir di depan rumah kediaman Gubernur.

6. Arak Serban
Arah Serban (Sorban) berlangsung pada tanggal 8 Muharram pukul 19.00-21.00 Wib, yang akan dimulai dari start yang sudah ditentukan oleh para ketua keluarga tabot bersama  Pemerindah Daerah. Peserta akan dilengkapi dengan bendera berwarna putih dan hijau/biru yang bertuliskan nama 'Hasan dan Huseien' dalam kaligrafi.

7. GAM
GAM disebut juga dengan masa berkabung. GAM adalah ritual yang terpenting dari 9 ritual tabot dan harus dilaksanakan. GAM berlangsung dari pukul 07.00-16.00 Wib.

8. Arak Gedang
Arak Gendang merupakan prosesi Tabot yang sangat dinanti-nanti oleh seluruh masyarakat Bengkulu. Acara ini berlangsung pada tanggal 9 dan 10 Muharram pada pukul 19.00 Wib, yang akan diawali dengan upacara pelepasan tabot besanding di gerga (markas) masing-masing.
Selanjutnya semua group tabot akan bergerak dari gerga masing-masing yang kemudian akan bertemu dan membentuk pawai akbar (Arak Gedang) di lapangan utama.

9. Tabot Terbuang
Acara ini adalah ritual tabot yang terakhir. Pada pukul 09.00 Wib 10 Muharram semua keluarga tabot akan berkumpul di lapangan merdeka, depan rumah jabatan Gubernur Bengkulu. Semua tabot akan disandingkan oleh masing-masing personil kelompok. Pada pukul 10.00 Wib semua personil akan bergerak menuju pemakaman umum Karabela, yang akan menjadi tempat ritual acara tabot terbuang, tempat ini dipilih karena disana ada Pemakaman Imam Senggolo (Syeikh Burhanuddin) yang merupakan pelopor upacara tabot di Bengkulu. Ketika acara ini selesai, maka berakhir pula ritual Tabot.

Lantas kemana kita akan menghabiskan liburan 1 Muharram kita? Pastinya ke Festival Tabot. Untuk menikmati Indahnya Festival Tabot tidak harus mengikuti seluruh acara ritual Tabot, karena ritual tersebut hanya diwajibkan untuk semua keluarga penyelenggara tabot. Kita bisa mendatangi tempat Festival Tabot dilangsungkan untuk menikmati pertunjukan seni, pasar, pameran kriya, serta berbagai aneka lomba seperti lomba delman hias, rebana, tari tabot dan acara seni lainnya.

Jangan sampai tidak Datang yaaa,,, Festival Tabot tahun ini akan diselenggarakan pada 27 November 2011.
Read More..
Read more

Ada apa dengan 'Cium tangan'?

,
Apakah kalian termasuk salah seorang yang selalu membiasakan diri untuk 'cium tangan' sebelum berpergian ataupun ketika berjumpa dengan orang yang lebih tua? (seperti saya)

Nahh,,, sekarang yang jadi pertanyaan, sebenarnya cium tangan itu budaya mana sih? agama tertentu kah? budaya tertentu kah? (pertanyaan bagus)

(saatnya membahas)

Jadi, sebenarnya cium tangan hanyalah budaya (sangat sopan) yang sudah diajarkan oleh nenek moyang kita sejak dulu, yang membudayakan orang yang lebih muda untuk menghormati orang yang lebih tua.
nahh,, maka dari itu lah setiap kita selesai sholat berjamaah, ketika ingin berpergian ataupun ketika berjumpa kita (terkhususnya saya) selalu cium tangan dengan orang yang lebih tua. (Soalnya sejak kecil mama saya selalu ngajarin saya untuk cium tangan sama orang yang lebih tua).

Lantas, apakah ada hubungannya cium tangan dengan agama (terkhusus islam)? Kalo menurut saya sih ngak ada kali ya.. Menurut saya cium tangan  hanyalah budaya yang sudah tertanam di jiwa kita untuk menghormati orang yang lebih tua, terutama dikalangan keluarga.

Jika cium tangan adalah sebuah budaya, lantas budaya manakah? Kalo kebanyakan orang sih bilang itu merupakan budaya Timur, tapi ada juga yang bilang kalo itu budaya Islam. Tapi kalo menurut aku sih nggak dua-duanya, soalnya coba kita perhatikan Jepang, China, Korea (jangan bilang kalo negara-negara itu bukan negara TIMUR), apakah ada disana pake cium tangan? nggak kan!! Malahan disana mereka lebih ke budaya menundukkan badan. Trus kalo untuk budaya Islam, coba kita liat di Arab Saudi, mereka ngak pake tuh cium tangan, mereka malah berangkulan dan cium pipi. Lantas Budaya mana?? Kalo menurut aku sih hanya budaya Indonesia kali ya, tapi untuk sebagian propinsi dan budaya. Itu pun hanya untuk keluarga tertentu aja, sekedar adat kebiasaan keluarga yang turun menurun agar yang lebih muda lebih menghormati yang lebih tua.

(Tapi, walaupun hanya sekedar budaya, alangkah baiknya jika kita melakukannya. Dan yang sudah melakukannya untuk tidak meninggalkannya dan akan terus mewarisi ke keturunannya. Seperti saya!!
Read More..
Read more

Keistimewaan Kunang Kunang

,
Semuanya pasti tahu apa itu Kunang-kunang kan? Kunang-kunang adalah hewan yang sangat kecil, begitu pun dengan cahayanya, tetapi tidak ada satu pun orang yang tidak tahu dengan kunang-kunang. Walaupun kunang-kunang cuma memiliki cahaya yang kecil, tapi tidak pernah ada cahaya yang bisa menandingi betapa indahnya cahaya kunang-kunang. nahhh... sekarang kita akan menggali lebih dalam lagi tentang keistimewaan kunang-kunang..

Kalian pernah ngeliat cahaya yang bergerak-gerak dipepohonan pada suasana malam? (saya yakin belom, tapi kita anggap aja udah ya :D) , nahhh,, sumber cahaya yang bergerak-gerak itulah yang dinamai kunang-kunang. Kunang-kunang memiliki sangat banyak keistimewaan diantaranya, kunang-kunang adalah makhluk hidup bercahaya yang paling terkenal didunia. Kunang-kunang adalah makhluk hidup yang dengan seketika mampu merubah gelap-sunyinya suasana malam menjadi terang dan indah. Tak ada satupun orang yang mampu menolak untuk melihat betapa indahnya cahaya kunang-kunang.

Pernahkah kalian berpikir darimana asalnya cahaya pada kunang-kunang? Hal inilah yang membuat kunang-kunang menjadi makhluk hidup yang paling banyak dipelajari oleh para peneliti dunia. Dan hebatnya lagi hingga saat ini belum ada ada satu pun peneliti yang mampu menciptakan cahaya semelimpah yang dihasilkan kunang-kunang.

Ada lagi keunikan pada kunang-kunang. Masih ingatkah kalian dengan pelajaran Fisika SMP materi Cahaya? Cahaya akan menghasilkan energi panas. Nahhh,,, lantas mengapa kunang-kunang dapat menghasilkan cahaya, namun tidak terpengaruh oleh panas cahaya itu? Tetapi memang itulah yang terjadi, makhluk bercahaya satu ini sangat luar biasa, mereka tidak pernah mengalami cedera akibat cahaya yang mereka keluarkan. Itu karena cahaya yang dihasilkan makhluk-makhluk ini betul-betul berbeda dengan yang biasa kita gunakan sebagai alat penerangan. Cahaya kunang-kunang disebut “cahaya dingin”. Hawa panas tidak dipancarkan sepanjang proses menghasilkan cahaya dingin berlangsung. Karena itu, proses menghasilkan jenis cahaya ini sangat efektif. Para ahli bertahun-tahun telah mencoba untuk meniru jenis cahaya ini, namun tetap tidak berhasil.


 Lantas apa kegunaan cahaya pada kunang-kunang itu sendiri? (pertanyaan bagus). Kunang-kunang menghasilkan cahaya yang berwarna kuning hijau dari tubuh mereka. Bagi kunang-kunang cahaya adalah alat komunikasi diantara sesama mereka. Kunang-kunang juga menjadikan cahayanya sebagai pelindung dari musuhnya, karena, berkat cahaya yang dihasilkan oleh kunang-kunang, musuhnya jadi berfikir bahwa mereka adalah makhluk yang rasanya tidak enak, sehingga musuh-musuh mereka memutuskan untuk pergi dan tidak jadi memangsa mereka.

nahhh,,,, sekarang udah tahu kan betapa hebatnya kunang-kunang? Jadi susah seharusnya kita menyelamatkan populasi mereka, diantaranya dengan menjaga habitat mereka yaitu jangan menebang pohon liar dan teruslah menanam pepohonan sebagai tempat tinggal mereka.
Read More..
Read more