Ada apa dengan 'Cium tangan'?

,
Apakah kalian termasuk salah seorang yang selalu membiasakan diri untuk 'cium tangan' sebelum berpergian ataupun ketika berjumpa dengan orang yang lebih tua? (seperti saya)

Nahh,,, sekarang yang jadi pertanyaan, sebenarnya cium tangan itu budaya mana sih? agama tertentu kah? budaya tertentu kah? (pertanyaan bagus)

(saatnya membahas)

Jadi, sebenarnya cium tangan hanyalah budaya (sangat sopan) yang sudah diajarkan oleh nenek moyang kita sejak dulu, yang membudayakan orang yang lebih muda untuk menghormati orang yang lebih tua.
nahh,, maka dari itu lah setiap kita selesai sholat berjamaah, ketika ingin berpergian ataupun ketika berjumpa kita (terkhususnya saya) selalu cium tangan dengan orang yang lebih tua. (Soalnya sejak kecil mama saya selalu ngajarin saya untuk cium tangan sama orang yang lebih tua).

Lantas, apakah ada hubungannya cium tangan dengan agama (terkhusus islam)? Kalo menurut saya sih ngak ada kali ya.. Menurut saya cium tangan  hanyalah budaya yang sudah tertanam di jiwa kita untuk menghormati orang yang lebih tua, terutama dikalangan keluarga.

Jika cium tangan adalah sebuah budaya, lantas budaya manakah? Kalo kebanyakan orang sih bilang itu merupakan budaya Timur, tapi ada juga yang bilang kalo itu budaya Islam. Tapi kalo menurut aku sih nggak dua-duanya, soalnya coba kita perhatikan Jepang, China, Korea (jangan bilang kalo negara-negara itu bukan negara TIMUR), apakah ada disana pake cium tangan? nggak kan!! Malahan disana mereka lebih ke budaya menundukkan badan. Trus kalo untuk budaya Islam, coba kita liat di Arab Saudi, mereka ngak pake tuh cium tangan, mereka malah berangkulan dan cium pipi. Lantas Budaya mana?? Kalo menurut aku sih hanya budaya Indonesia kali ya, tapi untuk sebagian propinsi dan budaya. Itu pun hanya untuk keluarga tertentu aja, sekedar adat kebiasaan keluarga yang turun menurun agar yang lebih muda lebih menghormati yang lebih tua.

(Tapi, walaupun hanya sekedar budaya, alangkah baiknya jika kita melakukannya. Dan yang sudah melakukannya untuk tidak meninggalkannya dan akan terus mewarisi ke keturunannya. Seperti saya!!

6 comments to “Ada apa dengan 'Cium tangan'?”

  • 26 November 2011 17.25
    tazata says:

    waw,pembahasan yg sederhana tapi sangat menarik :thumbup

    delete
  • 26 November 2011 19.09

    (Y) singkat dan padat penjelasannya :)

    delete
  • 27 November 2011 06.29
    Accilong says:

    nice post.

    eh, gabung di grup bloofer yuks. tempatnya para blogger ngumpul di FB. Ada website resmi-nya juga. Bisa sharing info dan tukar pendapat sma smua.

    delete
  • 27 November 2011 16.05
    M. Rifqi Adinagoro says:

    oo.. klo di Arab peluk n cium pipi ya? Yang maho bisa ga ktauan tuh. : ngakaks

    tapi emang bener dah, jadi lebih deket gitu. budaya sejak zaman Rasulullah SAW =)

    delete
  • 27 November 2011 19.18
    Anonim says:

    asiiiik

    delete
  • 28 November 2011 07.09
    Anonim says:

    bagus :D

    delete

Posting Komentar

Komentar anda sangat berarti bagi saya