Jenis-jenis Hantu Indonesia

,
nihh,, saya punya sedikit penjelasan tentang jenis-jenis hantu yang ada di Indonesia yang kurang terekspos, kalo kayak pocong, tuyul, kuntilanak dan sundel bolong,kan udah sering tuh,, nahh,, sekarang yang masih jarang kita dengar (tapi nggak pake gambar ya,, takut ngeliatnya, hehe... Tapi kalo mau liat gambarnya, bisa search di google aja)

1. Palasik
Ada yang tahu  sama palasik nggak?
Orang Minangkabau pasti tahu nih! Menurut legenda Minangkabau palasik adalah sejenis makhluk gaib. Sebenarnya bukan hantu sih, tapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi. Jadi, pada zaman dulu, apabila di suatu kampung ada seorang mendadak kaya raya, maka akan dikatakan orang itu kayanya dikarenakan palasik. Palasik adalah makhluk gaib yang memakan anak bayi, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang sudah meniggal tergantung dari jenis palasik. Palasik ada berbagai jenis, yaitu palasik yang memakan anak dalam kandungan, palasik yang memakan anak yang sudah rapuh, sehingga si anak akan sakit-sakitan, dan palasik yang memakan anak yang sudah didalam kubur.
Ilmu palasik dipercaya akan turun menurun, jadi harus waspada ya,, terutama masyarakat minang kabau tuh.. hehe :p

2. Kuyang
kalo tadi dari Minangkabau, sekarang beralih ke Kalimantan nih,, Kuyang sangat dikenal di Kalimantan. Kuyang ini berwujud kepala manusia dengan isi tubuh menempel tanpa kulit dan anggota badan akan terbang mencari darah bayi.
Sebenarnya kuyang adalah manusia, tepatnya wanita yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.
Pada pagi hari, Kuyang akan menjalankan kehidupan seperti layaknya manusia biasa, tapi pada malam hari, dia akan terbang mencari darah bayi sebagai makanannya agar dia tetap abadi.

3. Rangda
Sekarang kita lanjut ke Bali.
Menurut mitologi Bali, Rangda adalah ratu dari para leak.
Makhluk ini sangat menakutkan, dia sering menculik anak kecil dan memakannya.
Menurut cerita, Rangda juga memimpin para nenek sihir untuk melawan Barong (yang merupakan simbol kekuatan baik).
Kalo menurut cerita (nggak tahu benar atau nggak), Rangda merupakan Ratu Manendradatta yang hidup di pulau Jawa pada abad ke-11. Dia diasingkan oleh raja Dharmodayana karena dituduh melakukan perbuatan sihir terhadap permaisuri kedua raja. Dan kemudia Rangda membalas dendam dan membunuh setengah penduduk kerajaan.

4. Wewe Gombel
Wewe gombel adalah sebutan istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat. Wewe gombel suka menculik anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Wewe Gombel biasanya menculik anak yang tidak diperhatikan oleh orang tuanya. Kemudian dia akan menakut-nakuti orang tua dari si anak sampai si orang tua sadar bahwa anaknya telah diculik, dan jika orang tua dari si anak sudah tahu bahwa anaknya telah diculik oleh wewe gombel, maka wewe gombel akan mengembalikan anak itu kepada orang tuanya.

5. Genderuwo
Genderuwo adalah sejenis bangsa jin. Dia berwujud seperti manusia, tapi bertubuh besar, berwarna merah kehitam-hitaman, dan ditubuhnya ditumbuhi oleh bulu-bulu yang sangat lebat. Genderuwo sangat dikenal di daerah Jawa. Genderuwo paling suka tinggal di batu besar, gua, pohon yang besar teduh, sudut-sudut yang lembab dan gelap.
Menurut legenda, genderuwo sangat suka mengganggu manusia, dan terkadang menculik anak-anak yang bermain saat azan maghrib (tuhhh kan,, kalo udah azan maghrib jangan suka keluyuran). Genderuwo hanya menakut-nakuti orang dengan menampakkan wajahnya, memberi tahu bahwa dia ada di sekitar kita.

2 comments to “Jenis-jenis Hantu Indonesia”

  • 29 November 2011 06.12

    hiii serem mas, tapi mereka pasti punya tempat sendiri :)

    delete
  • 30 November 2011 07.49
    Fashion says:

    Blogwalking and nice share

    delete

Posting Komentar

Komentar anda sangat berarti bagi saya