Kenapa Bahasa Inggris yang menjadi Bahasa Internasional?

,

Ketika mendengar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional, sangat banyak pertanyaan yang timbul dipikiran kita, kenapa harus bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional? kenapa tidak bahasa Indonesia saja?


Saya sudah mengumpulkan beberapa jawaban dari teman yang mungkin bisa sedikit membuat kita paham dan menerimanya, dan saya juga memberikan komentar di setiap jawaban

1. inggris adalah negara yg paling banyak jajahannya diseluruh dunia (memang sih, ini jawaban yang paling masuk akal, dikarenakan Inggris adalah negara yang paling banyak jajahan, sehingga otomatis negara-negara jajahan Inggris akan terpengaruh untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka)

2. karena USA menang perang dunia 2, dan kemudian terjadi perang dingin yang secara de facto dimenangkan oleh AS dan sahabat2nya. dan AS juga merupakan negara terkuat saat ini didunia, sehingga negara-negara lain secara otomastis harus mengikuti bahasa mereka, Bahasa Inggris. (bisa di terima juga sih, dikarenakan AS saat ini adalah negara terkuat di dunia, dan pastinya negara-negara lain akan sangat membutuhkan kerja sama dengan AS, sehingga membutuhkan bahasa yang bisaa dimengerti oleh AS. Kan ngak mungkin kita yang butuh bantuan tapi orang yang harus paham bahasa kita?? hehe)

3. bahasa inggris merupakan bahasa yg memiliki tata bahasa yg lengkap dan rapi jadi mudah utk dipelajari (apa iya?? perasaan lumayan susah deh,, malah banyak orang-orang Inggris yang pernah belajar Bahasa Indonesia ngomong kalo bahasa Indonesia jauh lebih mudah dipelajari struktur bahasa dan penggunaan katanya dibanding dengan bahasa mereka)



4. Karena film yang terlaris di dunia adalah film-film hollywood, sehingga secara tidak langsung bahasanya tertular ke semua negara yang menontonnya (rada ngawur nih jawabannya,, masa cuma karna film kita harus mengerti dan menggunakan bahasa inggris??)

5.  karena negara-negara maju (negara-negara barat) susah bilang 'R' seperti orang indonesia dan kebanyakan kalimat indonesia ada huruf 'R' (ngawur nih jawabannya,, orang-orang negara maju nggak bisa ngomong 'R' itu dikarenakan sejak kecil mereka memang tidak diajarkan, tetapi jika sejak kecil mereka sudah di Indonesia, mereka pasti bisa ngomong 'R' <kecuali cacat> Hhehe)

6. Doakan saja bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa internasional (Hahahaha.... AMINN... Ini sih harapan semua masyarakat Indonesia,,)

Sekarang timbul pertanyaan baru, apakah bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa Internasional????
(Hayooo dijawab pendapat kamu) ::))

5 comments to “Kenapa Bahasa Inggris yang menjadi Bahasa Internasional?”

  • 26 November 2011 23.32

    saya jg pernah berpikir seperti ini..

    mengapa tidak bahasa indonesia menjadi bahasa internasional?

    bahasa ini menurut saya tidak terlalu sulit dan pasti orang asing mudah untuk belajar dan memahaminya.

    tp, inilah sulitnya, pengaruh indonesia yg kurang di mata internasional.

    delete
  • 27 November 2011 01.15
    Eldo says:

    menurut saya kalau ingin menjadikan bahasa indonesia sebagai bahasa internasional itu merupakan pemikiran yang sangat bagus. Tapi bagaimana bahasa indonesia bisa menjadi bahasa internasional sedangkan masyarakat indonesia sendiri cenderung menggunakan bahasa daerah masing-masing serta udah mulai memakai bahasa gaul serta mencapai bahasa2 alay.
    dimanakah bahasa indonesia yang benar-benar indonesia??

    delete
  • 27 November 2011 03.36

    saya sangat setuju,, seharusnya kita sebagai bangsa indonesia harus benar-benar menggunakan bahasa kita dengan baik dan benar, bukannya malah menggunakan bahasa alay dan sebagainya yang tidak jelas...
    Indonesia pasti bisa!!

    delete
  • 28 November 2011 20.23
    Anonim says:

    harus bisa.. gua tersiksa belajar bhsa inggris nihhh

    delete
  • 29 April 2012 06.22
    Anonim says:

    Kalau berharap indonesia menjadi bahasa internasional, kayaknya kecil peluangnya deh. Kapan and dimana indonesia menjajah negara lain..

    delete

Posting Komentar

Komentar anda sangat berarti bagi saya