Apa sih enaknya menulis?

,

--Aku tidak takut mati, bila kutahu jiwaku akan tetap hidup melalui ujung penamu, mencapai bibir orang-orang yang hidup di masa kini dan generasi mendatang-- (Anchee Min)

Dulu saya sangat benci yang namanya membaca dan menulis. Makanya saya lebih suka pelajaran matematika dan fisika yang lebih membutuhkan pemahaman, dan benci sekali pelajaran Biologi, karena sangat butuh rajin membaca.

Tapi sekarang semua sudah berubah, sekarang saya sangat senang membaca dan menulis, begitupun dengan pelajaran, sekarang saya sudah sangat menyenangi pelajaran biologi, sampe-sampe nilai biologi saya di raport kemarin 9 (itu nilai 9 pertama saya untuk pelajaran biologi).

Kembali ke menulis. Sebenarnya sih saya nggak tahu faktor apa yang menyebabkan sekarang saya suka menulis, kalau diingat-ingat sih, mood menulis saya selalu muncul setelah menonton atau membaca tentang motivasi. Setiap kali saya menonton atau membaca tentang motivasi, otak dan tangan ini rasanya pengen menulis apa aja, rasanya semua otak saya sudah siap untuk mengeluarkan seluruh unek-uneknya (ciahhh,, bahasanya, unek-unek).

Sebenarnya sih kalau saya lihat-lihat, tulisan saya nggak bagus, tapi saya tetap bangga akan tulisan-tulisan itu. Saya menulis nggak ada maksud tertentu, cuma ingin mengeluarkan apa yang saya pikirkan dan membaginya ke sobat-sobat semua (siapa tahu berguna).

Saya pernah mendengar pepatah, dengan menulis, kuasai dunia. Saya sangat setuju dengan pepatah tersebut. Sudah sangat banyak terbukti, sekarang sudah banyak sekali tulisan karya para tokoh-tokoh dunia yang menggelegar, yang sudah terkenal dan bahkan diketahui oleh seluruh dunia. Sobat pasti tahu donk dengan novel Harry Potter?? coba ingat siapa penulisnya? Penulisnya adalah J. K. Rowling dari Inggris. Sekarang dia sudah termasuk  topten orang terkaya dunia. Coba sobat bayangkan, hanya dengan menulis sebuah novel, bisa merubah hidupnya 1000 derajat (lebayy dehh).

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, Aku tidak takut mati, bila kutahu jiwaku akan tetap hidup melalui ujung penamu, mencapai bibir orang-orang yang hidup di masa kini dan generasi mendatang. Coba sobat bayangkan, dengan menulis, sobat tidak akan pernah mati di hati para pembaca tulisan sobat tersebut. Karena, apa yang sudah sobat tulis, akan selalu dibaca dan dikenang oleh seluruh pembaca tulisan sobat.

Menurut saya, menulis hanya membutuhkan 2 hal, pengetahuan dan ketulusan hati untuk menulis. Pengetahuan dapat kita dapatkan dengan banyak-banyak membaca. Dan yang paling penting yaitu ketulusan hati, sekarang banyak orang-orang yang menulis hanya untuk gelar dan bahkan untuk uang, seharusnya kita menulis bukanlah untuk itu, tetapi dengan tujuan untuk membagi ilmu kita kepada semua orang, karena jika tujuan dan hati kita sudah kita arahkan kesana, maka tanpa kita sadari tulisan itu akan menjadi sangat bermakna dan sangat berguna bagi orang-orang yang membacanya.

Saya sebagai generasi muda bangsa ini, ingin mengajak kepada sobat semuanya, marilah kita bangun negeri kita ini dengan rajin-rajin menulis.

--Satu tulisan yang kita tulis, dapat merubah dunia-- (Fahrur Rozi Illahi)

22 comments to “Apa sih enaknya menulis?”

  • 24 Desember 2011 20.24

    memang kalau dilihat lebih jauh.

    artikel/tulisan bukan hanya sekedar rangkaian kata2. tapi tulisan bisa merubah cara pikir seseorang terhadap sesuatu.

    delete
  • 24 Desember 2011 20.53
    Gus Ibrahim says:

    Setuju, bahwa tulisan yang berkualitas mampu menyeret seseorang menjadi "baik" atau sebaliknya menjadi "buruk"... Maka itu, kita harus hati-hati dalam menuangkan pikiran dalam bentuk artikel.. salam sahabat.

    delete
  • 24 Desember 2011 21.24

    @coretan pelajar : yup, tepat sekali,, dan dengan tulisan kita juga dapat menilai karakter seseorang :)


    @gus ibrahim : iya,, memang banyak artikel yg mampu menyeret kita ke hal buruk,, makanya kita harus bisa pilih2 sob,,

    delete
  • 24 Desember 2011 22.32
    Raihana says:

    saia mulai suka menulis gara2 ngeblog walaupun tidak terlalu bagus merangkai kata2 bagus..

    keep writing and reading in our life, but dont miss listening too,,,

    delete
  • 24 Desember 2011 23.07

    Paling cuma beberapa kata doang ane dah buntu gan. Thanx for spirit

    delete
  • 24 Desember 2011 23.24
    Kang nemo says:

    tapi saya jujur lebih suka membaca daripada menulis, tapi itu hnya dalam pljrn b.indo di sklh ... hehehe
    Nice post gan :)

    delete
  • 24 Desember 2011 23.58
    Ib says:

    se7 dah buat semuanya...
    hehe..

    delete
  • 25 Desember 2011 01.36

    @raihana : sejelek apapun karya kita, tapi kalau itu memang karya kita sendiri, pasti ada rasa kepuasan tersendiri :) keep writing :)

    @degansyah putra : hehe,, nggk usah dipaksain gan,, menulislah kalau memang sedang ada inspirasi :)

    @kang nemo : membaca memang juga sangat penting gan,, harus saling diselingi :)

    @ib : terima kasih :)

    delete
  • 25 Desember 2011 03.07
    Indonesia Ku says:

    oke gan...setuju...

    delete
  • 25 Desember 2011 03.40

    Mantef nih artikel..yang pasti bikin posting trus bang...hahayyy

    delete
  • 25 Desember 2011 03.48
    Farkryzer says:

    Kalau saya sih tidak terlalu suka menulis tetapi menggambar sob hehe tapi kalau membaca saya suka :p

    delete
  • 25 Desember 2011 04.04

    @Indonesia Ku : thanks gan,, :)

    @Icah Banjarmasin : trima kasih bang, saya akan selalu bikin posting yang akan coba membantu semuanya bang :)

    @Farkryzer : wahh,, menggambar asik juga tuh sob, kalau saya kurang pandai dalam menggambar,, kalau untuk membaca, kita semua harus suka sob, karena itu kunci sukses :)

    delete
  • 25 Desember 2011 09.04

    Betul ea kaga usah dipaksain nantinya malah mentok hehe, maaf sob baru online. Tuker link sukses tersimpan dipojok kanan bagian bawah :D

    delete
  • 25 Desember 2011 21.20
    tagantar says:

    Mantap,,, Sekali menulis, akhir'mua keranjingan tuk nulis lagi.. hehe

    Happy Blogging sahabatku,...!

    delete
  • 26 Desember 2011 03.39

    @degansyah : sip sob,, keep blogging :)

    @tagantar : semangat menulis sob,, happy blogging to0 :_

    delete
  • 26 Desember 2011 03.41
    ALASKAPULSA says:

    skolah gag pernah nulis gan males hehehe

    delete
  • 27 Desember 2011 02.14

    @alaskapulsa : haha,, harus mulai dilatih sob,, semangat.. keep blogging :)

    delete
  • 27 Desember 2011 08.09
    Riefz says:

    wawww keren postingannya sob!!
    sukses lahhh

    delete
  • 27 Desember 2011 18.24

    @Riefz : thx sob,, keep blogging :)

    delete
  • 31 Desember 2011 16.44
    Slas says:

    Menulis adalah cara belajar yang baik

    delete
  • 31 Desember 2011 20.00

    @Slas : benar sekali,, keep blogging sob

    delete
  • 29 Maret 2012 09.10

    Keren..

    Mampir ya Ke Blog Saya

    delete

Posting Komentar

Komentar anda sangat berarti bagi saya