Apakah Pak Harto Koruptor, Diktator, Orang Jahat?

,
Dua bulan yang lalu, saya membeli sebuah buku Tulisan Wiranto yang berjudul  7 Tahun Menggali Pemikiran dan Tindakan Pak Harto. Tapi saya baru sempat membacanya akhir-akhir minggu ini, mungkin dikarenakan nggak ada kesempatan (bukan karena bukunya jelek, malah bukunya sangat bagus dan berwawasan).

Pada Minggu 27 Januari 2008 Pak Harto telah tiada. Seluruh negeri tertunduk dalam kesedihan. Air mata mengalir membasahi mata jutaan rakyat Indonesia. Bahkan Pemerintah ikut larut dalam duka ini dan menetapkan 7 hari sebagai Hari Berkabung Nasional untuk menghormati kepergian Presiden RI yang ke-2.

Sejak mundur dari jabatannya 12 tahun silam tepatnya 21 Mei 1998, Pak Harto tak lagi ikut kedalam kegiatan publik. Hari-harinya hanya dihabiskan tinggal dikediamannya jalan Cendana Jakarta. Sesekali beliau menerima tamu sahabat dekatnya, menerima salam silaturahmi dari masyrakat yang datang pada hari-hari raya islam, melayat teman-teman dekatnya yang satu persatu telah mendahuluinya. Terkadang dijumpai Pak Harto mengunjungi Masjid At-Tin atau ziarah ke makam Giribangun tempat pemakaman para sesepuh dan isteri tercintanya, Almarhumah Ibu Tien Soeharto.

Banyak yang menduga Pak Harto bukan lagi tokoh yang diidolakan rakyat, apalagi dengan pemberitaan media yang sangat gencar dengan hanya memberitakan kasus-kasus hukum Pak Harto selama beliau turun dari jabatannya. Tak heran bila banya yang menganggap Pak Harto sudah selesai, sudah mulai dilupakan orang, hilang dari ingatan rakyat Indonesia.

Akan tetapi peristiwa wafatnya Pak Harto telah memutar balikkan anggapan itu. Ternyata Pak Harto masih dikagumi, dihormati dan dicintai oleh sebagian besar rakyatnya.

Tidaklah mengherankan, karena pada saat Pak Harto pergi, kondisi kehidupan rakyat semakin sulit, bahkan keteraturan, ketertiban, kenyamanan, dan jaminan masa depan tidak lebih baik dibandingkan masa-masa Pak Harto memimpin. Barangkali orang beranggapan hal semacam ini hanya semacam romantisme belaka, namun kenyataannya rakyat pada umumnya memang merasakan pada masa Pak Harto lebih mudah memenuhi kehidupan sehari-hari. Sadang dan pangan lebih murah adn mudah didapat. Pendidikan dan pelayanan kesehatan juga terasa lebih mendapatkan perhatian dan juga lebih murah dibandingkan era pasca Pak Harto.

Tak dapat dipungkiri, bahwa berkat kepemimpinannya yang kuat dan efektif, Pak Harto telah berhasil membawa bangsa dan negara Indonesia mengalami perubahan, mendorong terjadinya loncatan besar dari posisi negara terbelakang dan tradisional menjadi negara berkemban yang disegani dan dihormati dalam pergaulan antar bangsa. Ini karena Pak Harto memiliki perpaduan antara ciri kepemimpinan yang visioner dan seorang manajer yang sanggup menerjemahkan konsep yang sangat rumit (kompleks) kedalam berbagai aplikasi kerja yang sederhana namun konkrit. Pembangunan di zaman modern memang semakin rumit dan kompleks, namun ditangan Pak Harto berbagai konsep besar dalam pradigma modern itu kelihatannya dengat sangat mudah diurai kedalam rangkaian kebijakan yang sistematis, terencana, terukur bahkan dapat dipahami dengan mudah oleh siapapun juga, karena kesederhanaannya. Hal ini diakui oleh hampir para pembantu beliau dalam pemerintahannya.


Lantas benarkah Pak Harto seperti pemikiran orang-orang saat ini?


Pak Wiranto menjelaskan, "Khusus mengenai Pak Harto yang terus mendapatkan kecaman dan tuduhan selama ini, saya dan barangkali orang lain yang merasa perlu untuk berbicara dalam bingkai kebenaran. Sebagai mantan ajudan yang selama lebih dari 3 tahun terus-menerus mengikuti kegiatan presiden, apapun dan dimanapun, saya menjadi sangat mengenal Pak Harto secara utuh luar dalam. "

"Pak Harto secara menyeluruh termasuk orang yang baik, dan saya kira itu adalah penilaian yang jujur, karena tidak mungkin Pak Harto mampu memanipulasi kepribadiannya dalam waktu yang cukup lama. Banyak pengalaman saya yang membuktikan kalau Pak Harto adalah orang yang baik, diantaranya Pak Harto adalah orang yang sangat bijak dalam mengambil keputusan, walau keputusan itu mampu beliau putuskan hanya dalam semalam."

Diceritakan, Pak Wiranto pernah bertanya pada Pak Harto "Pak Harto, bagaimana cara mengambil keputusan pada situasi yang sangat sulit?"

Pak Harto menjawab, "Memang banyak kali kita sebagai pemimpin harus mengambil keputusan, dimana semua yang kita putuskan akan berisiko tinggi, sulit sekali rasanya memutuskannya mana yang harus kita pilih. Dalam situasi demikian itu, pilihlah keputusan yang tidak merugikan rakyat, maka itulah keputusan yang mungkin kurang baik, tetapi PASTI BENAR"

Dan apakah benar Pak Harto adalah seorang KORUPTOR BESAR? atau hanya tuduhan saja?

Pak Wiranto bercerita, " Saya sempat terperangah tatkala Pak Harto dituduh sebagai seorang koruptor besar yang menumpuk harta dimana-mana sehingga termasuk orang kaya tingkat dunia. Selama saya bersama Pak Harto, tidak ada tanda-tanda beliau orang yang kaya harta. Bahkan tiap kali beliau menerima sumbangan dari manapaun secara langsung, sesaat kemudian selalu disalurkan ke pihak lain sebagai dana abadi untuk kepentinga sosial, tak pernah singgah semalampun dikantongnya. Oleh sebab itu beliau berani menentang dengan menyatakan "silahkan cari bukti bahwa saya mempunyai simpanan harta itu, kalau ada silahkan ambil!!" Terbukti sampai saat ini harta tersebut tidak pernah ditemukan."

Dalam suatu kisah diceritakan, suatu hari di tahun 1991, Pak Wiranto selaku Ajudan Presiden dipanggil dan Pak Harto berkata, "Wiranto, usia saya sudah lebih tua dari usia Rasulullah SAW, saya mampu dan memiliki kesempatan, oleh karenanya saya ingin melakukan ibadah haji. Saya minta kamu yang mengaturnya, jangan sekali-kali menggunakan fasilitas negara, biaya negara, maupun perangkat kepresidenan." 

Kemudian sempat terdengar bahwa Pak Harto adalah seorang Diktator. Apakah benar sebutan 'DIKTATOR SOEHARTO' tersebut?

Untuk menjawabnya, ada sebuah kisah.
Pada pagi hari, rombongan presiden berangkat menuju Bandara Halim. Sewaktu akan memasuki pintu tol Semanggi, jalan Gatot Subroto, Jakarta dari belakang Presiden menepuk pundak Pak Wiranto, dan berkata "Wiranto, beritahukan polisi, mereka itu (pengguna jalan tol maksudnya) jangan diberhentikan, sebab mereka itu kan membayar untuk bebas hambatan, jangan karena saya lantas mereka diberhentikan. Biarkan saya mereka tetap berjalan lambat kan tidak apa-apa!"

Untuk sobat semua, saya rasa cerita tersebut bisa menjawab bahwa Pak Harto bukanlah seorang diktator, dimana diktator itu adalah orang yang sangat kejam dan tidak memiliki keprimanusiaan.

Dari sedikit cerita tadi, kita bisa melihat sekarang, bahwa Pak Harto bukanlah seorang orang yang jahat, koruptor besar, diktator, seperti yang orang-orang katakan.
Seharusnya kita tidak percaya pada orang-orang yang mau menjelek-jelekkan presiden ke-2 kita, seharusnya kita melihat jasa-jasa nya terhadap bangsa dan negara ini. Karena dialah Indonesia bisa seperti saat ini, mungkin seandainya jika tidak ada dia, kita tidak akan seperti sekaran ini.

42 comments to “Apakah Pak Harto Koruptor, Diktator, Orang Jahat?”

  • 22 Desember 2011 06.01
    faisal says:

    kalau saya sebagai masyarakat yang awam akan politik ini. saya setuju dengan apa yang dikatakan pak wiranto, dan pandangan pak wiranto terhadap pak soeharto tersebut. :D

    delete
  • 23 Desember 2011 04.30

    sebagai orang yang tak melihat dan merasakan secara langsung pemerintahan Pak Harto, saya lebih yakin dengan apa yang diucapkan Pak Wiranto dibanding apa yang orang-orang katakan.

    delete
  • 24 Desember 2011 06.17
    mastokkenari says:

    yg pernah mengalami hidup dith 60 an (spt sy), pasti akan sangat berterimakasih pd beliau, yg mampu membangun negri dg konsep+metode hebat ... Repelita dan Pelita, ... ini diakui oleh dunia ..., mksiihhh Pak Harto. Skg semua pejabat dan dewan adalah orang intelek, mana hasilnya buat rkyt kecil? .... huuuffhhh.

    delete
  • 24 Desember 2011 08.37

    @mastokkenari : setuju sangat om, walaupun nggk pernah ngerasaian di pimpin beliau, tapi semua hasil dari pemerintahannya bisa dirasakan smpe sekarang,, sdangkan pemerinthan skrng mana? nggk nampak hasilnya buat rakyat kecil :)

    delete
  • 24 Desember 2011 21.00
    4 U know says:

    was here to support u :)

    delete
  • 25 Desember 2011 10.22
    sampeweweh says:

    dari cerita yang saya sering denger saya bisa nyimpulin zamannya pak Harto lebih damai dari sekarang sob

    delete
  • 26 Desember 2011 03.44

    @4 u know : I was support you too in your site :)

    @sampeweweh : menurut cerita yang saya dapat juga begitu sob,, berbeda sekali dengan yang dikatakan orang2 (diberita)

    delete
  • 29 Desember 2011 01.52

    Wallahu alam sob, yang ane heran seh npa pas beliau tiada banyak orang yng bilang. Semasa beliau memerintah tidak ada yang berani bilang. Benar ataupun salah semoga arwah beliau diterima dan diampuni segala dosanya.

    delete
  • 29 Desember 2011 02.54

    Sebetulnya yang menghembuskan kabar PAK HARTO itu DIKTATOR,KORUPTOR dll..adalah lawan politiknya yang tidak bisa naik ke KURSI EMPUK pada saat itu.
    Justru diera PAK HARTO lah ada SWASEMBADA PANGAN,TELEVISIpun hanya TVRI dan pada saat itu MORAL bisa dikontrol,tidak ada SINETRON yang menampilkan adegan BEJAT seperti sekarang ini...mantef bang hunang2 mengetengahkan topik sini..saya suka bang.

    delete
  • 29 Desember 2011 03.36
    Indonesia Ku says:

    Aku ini telah di kruniakan umur oleh Alloh sejak Indonesia Merdeka..jadi semua Presiden RI sudah kualami...kesimpulanku bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna , termasuk aku dan president...jadi semua mempunyai nilai plus minus...tergantung siapa yang menilainya..maaf..

    delete
  • 29 Desember 2011 03.55
    clasix says:

    tinggal personal masing-masing yang mo pahami...

    delete
  • 29 Desember 2011 07.50
    enonovan44 says:

    NIce pOst gan :D

    delete
  • 29 Desember 2011 08.56
    duniasharing says:

    pas Zaman pak harto ekonomi bagus uang serasa mudah :)
    karena saya mengalaminya, itu pemikiran awam saya yang ngerti politik ya nda tau :D
    terima kasih pak :)

    delete
  • 29 Desember 2011 11.27

    iya sob berita sama kata orang sekitar beda jauh, kalo di berita di kasi liat yang jeleknya aja sob

    delete
  • 29 Desember 2011 19.09

    biar bagaimanapun, beliau banyak berjasa terhadap negara Indonesia, masalah miring sumber kehidupan, kita bercermin terhadap dirikita sendiri, salam persahabatan Blogger :)

    delete
  • 29 Desember 2011 19.46
    Pecinta says:

    Mantap postingan agan, karena saya adalah salah satu pengagum Pak Harto meskipun segelintir orang yang haus kekuasaan menjatuhkan ,menuding dan memfitnah dengan omong besar seakan lebih hebat dari Pak Harto tetapi bukti tidak ada, malah Negara ini semakin terpuruk pasca lengsernya beliau,,,
    Harga dollar yang semasa Pak Harto dengan nilai tukar kisaran Rp 2.500,- / Dollar kini hanya mampu turun dengan batas terendah Rp 8000,-/$ itu jika sedang mujur dan bertahan lagi di atas itu.
    Inilah bukti omong kosong dan sok pintar,,,
    Indonesia semasa Pak Harto begitu di kagumi oleh Negara2 di dunia kini di remehkan dan malah di kecam,,,
    Terus mana janji para politisi yang kata mereka membuat perubahan,,?
    Apakah pergantian dari aman tentram yang gemah ripah loh jinawi kepada anarkis,demonstrasi dan kemerosotan inikah yang mereka katakan lebih baik,,? mari kita sama merenung karena kita pun peduli terhadap nasib bangsa tercinta ini, salam buat semua saudaraku se-bangsa dan se-tanah air

    delete
  • 29 Desember 2011 23.39

    kayaknya tidak seperti itu gan, kebanyakan pemimpin yang korup tuh adalah keluarga dan orang-orang terdekat mereka

    delete
  • 30 Desember 2011 07.09

    dari dulu saya kira juga demikian sob, saya mendukung sepenuh nya apa yang dikatakan Pak Wiranto.

    delete
  • 30 Desember 2011 18.08

    selalu menarik untuk membaca kisah kisah dari para 'legenda' bangsa ini.

    memang kebanyakan media memberitakan sesuatu dari sudut satu sudut pandang tanpa memperhatikan sesuatu yang mereka belum mengetahui sebelumnya, sehingga terjadilab propaganda2.

    kita merindukan sosok pemimpin bangsa seperti pak harto yang sesulit apa pun komdisinya tetap mementingkan rakyat.

    delete
  • 31 Desember 2011 20.05

    @Degansyah Putra : setahu saya banyak orang hilang itu bkan ulahny sob, melainkan ulah-ulah dri centeng-centeng nya (tanpa suruhan pak harto), dengan tujuan agar pak harto tetap jaya.

    @Icah Banjarmasin : saya setuju sekali bang, saya memang tidak yakin kalo pak harto adalah diktator atopun koruptor, itu hanya rekayasa dari lawan politiknya

    @Indonesia Ku : memang benar sob, tidak ada manusia yg sempurna, tpi paling tidak kita bisa mendekatkan diri kearah sana dengan selalu memilih jalan yang baik, dan menurut saya pak harto sudah demikian :) keep blogging sob

    delete
  • 31 Desember 2011 20.09

    @clasix : iy juga gan,, pendapat setiap manusia pasti berbeda beda :)

    @enovan44 : thx gan,, keep blogging :)

    @duniasharing : memang benar sob, walaupun saya tak merasakannya,, tapi saya sudah banyak bertanya-tanya pada yg pernah merasakanny, ternyata memang demikian !

    @iman@sampeweweh : benar sekali sob, di berita hanya menampilkan yg jelek-jelek aj, untuk menjatuhkan pak harto

    delete
  • 31 Desember 2011 20.13

    @regent Ronaldo : sip sekali sob, yang paling penting bagaimana sekarang kita sapat memberikan yang terbaik pada bangsa ini :) salam blogger jga sob

    @Pecinta : tepat sekali sob, itu yang saya maksudkan. pada tahun pak harto negara ini nyaman, tentram dan bahkan dihargai oleh bangsa asing, tapi sekarang malah terbalik, terlalu banyak korupsi, anarkis, dan diremehkan bangsa lain,, Salam balik sob :)

    delete
  • 31 Desember 2011 20.19

    @Belajar komputer : kalau menurut saya yang banyak korupsi adalah orang-orang yang berada di bawah pak harto, sedangkan pak harto tidak ada ikut campurnya dengan semua itu. keep blogging sob :)

    @m nanda perdana : setuju sekali sob, keep blogging :)

    @coretan pelajar : tepat sekali bro, orang-orang hanya melihat sesuatu itu dari sisi jeleknya, dan mengabaikan sisi kebaikan yang sudah sangat banyak dia lakukan untuk bangsa ini :)

    delete
  • 31 Desember 2011 21.13
    daney says:

    maju untuk berkomentar!!

    Pak harto emang memilki arti bagi NKRI, tegas dan pasti.

    beda banget ama presiden yang menjabat sekarang, ma'af gue bilang.."Loyo & Cengeng"

    malu gue di tanyain ama negara tetangga, Apa Kelebihan presiden negaraMu sekarang dengan Yg lalu..
    Gue akan jawab :
    -"Presiden gue punya kelebihan, presiden gue punya 4 Album"
    -"presiden gue musisi hebat, melebihi musisi beneran"
    -"presiden kami suka begadang "untuk membuat lagu" ( Lihat Kantung Mata Pak BEYE, kaya kantong waktu ada Discount besar2an"
    -"presidenku gak lebih seperti boneka bagi rakyatnya "yang suka membesarkan hal-hal kecil, dan mengecilkan ha2 besar" CONTOH : mahasiswa unjuk rasa bawa KEBO SIBUYA dan Kasus Korupsi di negeri ini.

    sekian komentar!!

    delete
  • 31 Desember 2011 21.21

    @Daney : wahh,, nampaknya sobat saya yang satu ini sedang kesal nih,, hehe,, sabar sob,, kita sebagai rakyat bangsa ini harus tetap menghormati pemimpin kita walaupun bagaimana bentuknya :) keep blogging sob

    delete
  • 1 Januari 2012 20.37
    uniknya says:

    Walau bagaimanapun beliau juga telah membangun negri ini...

    delete
  • 2 Januari 2012 10.09
    Anikó says:

    Have a nice evening I wish to thank you for your friendship

    delete
  • 2 Januari 2012 11.38
    Januar says:

    pak harto sangat besar pengaruhnya pada indonesia saat masa orba. orang yang memiliki kharisma pemimpin yang tidak dimiliki oleh pemimpin saat ini

    delete
  • 2 Januari 2012 19.47
    anisa letter says:

    nice post gan :)

    delete
  • 2 Januari 2012 20.01
    airvan42 says:

    gak ada perbedaan jaman soeharto ma sekarang yang beda hanya presiden ma bawahan nya aja,rakyat tetep melarat..nice info sob..

    delete
  • 2 Januari 2012 22.04

    Kangen sama pak harto nih

    delete
  • 3 Januari 2012 00.22

    @uniknya : tepat sekali sob, dia sudah banyak berjasa bagi bangsa ini :)

    @aniko : thnks, keep blogging :)

    @Januar : saya setuju, pak harto memang memiliki sesuatu yang tidak dimiliki pemimpin saat ini :)

    @anisa letter : thnks, keep blogging gan :)

    @airvan42 : memang benar sob, tpi paling tidak dizaman pak harto kita dapat merasakan negara ini sedikit lebih berjaya dri sekarang :) keep blogging sob

    @Resolusi 2012 : wahhh,, beliau kan udh wafat sob, ntar didatengin lho :) just kidding

    delete
  • 3 Januari 2012 04.11

    Happy New year. Great post.

    delete
  • 3 Januari 2012 05.00
    Yasir Utomo says:

    yang berpendapat negatif banyak, tapi pengorbanan pak harto juga jangan dilupakan.

    delete
  • 3 Januari 2012 21.00
    anisa letter says:

    nice post ^_^

    delete
  • 10 Januari 2012 06.16
    KangFarhan says:

    nice post... kalo saya pribadi lebih mengutamakan husnudzon (prasangka baik) terhadap sesama... tidak masuk dalam keadaan 'mengira-ngira' terhadap sesuatu... saya percaya semua perbuatn pasti terjadwal Gnjarannya... artikel yang bagus sobat

    delete
  • 5 Februari 2012 01.39

    Menurutku Pak Harto bukan orang jahat,hanya saja dimasa tuanya, Kelemahan2-an beliau dimanfaatkan oleh orang2 yang tidak bertanggungjawab

    delete
  • 5 Februari 2012 06.36

    saya g tau dech sob.? yg jelas di masa pemerintahan pak harto,rasa nya nyaman dan damai bgt hahahayyyyyy

    delete
  • 6 Februari 2012 03.15

    sekedar berkomen

    delete
  • 7 Februari 2012 01.22
    Sweethy says:

    Saya sangat terharu membaca postingan ini. Memang kadang orang yang baik sering dapat tuduhan yang tidak benar dan itu sangat tidak adil, Semoga arwah Beliau tenang dan diterima di sisi Allah SWT. Aamiin ya Robbal Alamin.

    delete
  • 13 Maret 2012 09.27
    Anonim says:

    Dalam sejarah Presiden Indonesia,.tdk akan pernah ada yang lebih baik dari Soekarno & Soeharto,.Apalagi pada masa ke depan ini,.Cuma mimpi kaleeee,....

    delete

Posting Komentar

Komentar anda sangat berarti bagi saya